Kamis, 30 September 2010

Let's Make dream Come True

Apa sebenarnya arti mimpi?? mimpi disini bukan mimpi yg qta alami saat qta tidur?? tapi mimpi disini lebih bisa diartikan sebagai keinginan, harapan, ataupun impian dan cita - cita yg ingin di wujudkan??? So pasti semuanya pasti memiliki mimpi!! Setiap orang boleh mempunyai mimpi akan masa depan. Mimpi menjadi seorang penulis hebat, misalnya, atau menjadi sastrawan, insinyur, dokter, sekolah ke luar negeri, mengabdikan hidupnya utk masyarakat, atau menjadi penemu seperti einstein dan sebagainya. Dalam perwujudan mimpi inilah kekuatan imajinasi berperan. Sekali qta merencanakan dan mematrikan imajinasi dalam pikiran qta, fisik qta pun mulai mencari jalan bagaimana merealisasikan apa yang sudah qta pikirkan. Lantas, bagaimanakah imajinasi yang dihasilkan pikiran qta bekerja? Pada prinsipnya, perlu qta sadari, pikiran qta adalah sebuahmagnet yang luar biasa. Pikiran qta mampu menjadi otopilot atas apa yang ingin qta wujudkan, yang qta cita-citakan bahkan yang sekadar qta imajinasikan. " you are what you think "



Mungkin tiga cerita dibawah ini dapat menjadi inpsirasi dan gambaran bagi qta bagaimana dahsyatnya kekuatan imajinasi tx mewujudkan mimpi - mimpi qta.



Kisah pertama tentang hidup Mayor James Nesmeth, seorang tentara yang doyan main golf. Dia begitu tergila-gila dengan golf. Tapi sayang sekali, sebelum menikmati kesempatan itu, dia ditugaskan ke Vietnam Utara. Sungguh sial, saat di Vietnam dia ditangkap oleh tentara musuh dan dijebloskan ke penjara yang pengap dan sempit. Dia tidak diberi kesempatan untuk berinteraksi dengan siapa pun. Situasi pengap, kosong, dan beku itu sungguh menjadi siksaan fisik dan mental yang meletihkan baginya.
Untungnya, Nesmeth sadar dirinya harus menjaga pikirannya agar tidak sinting. Dia mulai berlatih mental. Setiap hari, denganimajinasinya, dia membayangkan dirinya berada di padang golf yang indah dan memainkan golf 18 hole. Dia berimajinasi secara detail. Dia melakukannya rata-rata empat jam sehari selama tujuh tahun.
Lantas, tujuh tahun kemudian, dia pun dibebaskan dari penjara. Namun, ada yang menarik saat dia mulai bermain golf kembali untukpertama kalinya. Ternyata, Mayor James Nesmeth mampu mengurangi rata-rata 20 pukulan dari permainannya dulu. Orang-orang pun bertanya kepada siapa dia berlatih. Tentu saja, tidak dengan siapa pun. Yang jelas, dia hanya bermain dengan imajinasinya. Tetapi, ternyata itu berdampak pada hasil kemampuannya. Nah, inilah kekuatan imajinasi itu.




Kisah kedua bercerita ttg Tara Holland, seorang gadis yang bermimpi menjadi Miss America sejak kecil. Pada 1994, dia berusaha menjajaki menjadi Miss Florida. Sayangnya, dia hanya menyabet runner-up pertama. Tahun berikutnya dia mencoba, tapi lagi-lagi hanya di posisi yang sama. Hati kecilnya mulai membisikkan dirinya untuk berhenti.
Tapi, dia bangkit dan membulatkan tekadnya lagi. Dia pindah ke negara bagian lain, Kansas. Pada 1997, dia terpilih menjadi MissKansas. Dan di tahun yang sama, dia berhasil menjadi Miss America! Yang menarik, adalah saat Tara diwawancarai setelah kemenangannya, Tara menceritakan bagaimana dia sudah ingin menyerah setelah dua kali kalah di Florida.
Tapi, tekadnya sudah bulat. Selama beberapa tahun kemudian, dia membeli video dan semua bahan yang bisa dipelajari tentang Miss Pagent, Miss Universe, Miss America, dan sebagainya. Dia melihatnya berkali-kali. Setiap kali melihat para diva meraih penghargaan tertinggi, Tara membayangkan dirinyalah yang menjadi pemenangnya.
Satu lagi yang menarik dari wawancaranya adalah saat dia ditanya apakah dia merasa canggung saat berjalan di atas karpet merah. Dengan mantap, Tara Holland menjawab, “Tidak sama sekali. Anda mesti tahu saya sudah ribuan kali berjalan di atas panggung itu.”
Seorang reporter menyela dan bertanya bagaimana mungkin dia sudah berjalan ribuan kali di panggung, sementara dia baru pertama kalinya mengikuti kontes. Tara menjawab, “Saya sudah berjalan ribuan kali di panggung itu…dalam pikiran saya.”




Kisah ketiga saya terinspirasi dari novel keduanya andrea hirata " Sang pemimpi ". Bagaimana seorang ikal dapat menyelesaikan studi master of Science ny di Universite de Paris, Sorbonne dengan predikat cum laude dan tesis nya menjadi mendapat penghargaan dari universitas tsb dan setelah diadaptasi ke dalam bahasa indonesia menjadi buku teori ekonomi telekomunikasi pertama yang ditulis oleh orang Indonesia. Bagaimana tidak menjadi inspirasi, seorang ikal yang berasal dari pulau kecil belitong, yang sebelumnya bekerja mulai dari kuli ngambat, office boy, salesman, karyawan kontrak di pabrik tali, tukang fotokopi sampai yang terakhir menjadi juru sortir. yachhh smua pekerjaan itu dia lakukan untuk tetap dapat membiayai sekolahnya sampai ke perguruan tinggi.
Hanya karena mengkristalisasikan harapan dari suatu statement yg ambisius dari pak balia "cita - cita kami adalah kami ingin sekolah ke perancis! Ingin menginjakkan kaki di altar suci alamamater sourbonne, ingin menjelajah Eropa sampai Afrika ". kemudian harapan itu selanjutnya menghantui dirinya setiap hari untuk menggantungkan cita2 yang tinggi. Memang sebenarnya mimpi itu hanya akan menjadi impian saja bagi ikal dan tak akan pernah terwujudkan disebabkan keadaannya yang terbatas.
tapi itulah kekuatan imajinasi untuk mewujudkan mimpi, walaupun sebelumnya ikal pernah pesimistis ttg cita2 nya tx dapat sekolah ke perancis! Ingin menginjakkan kaki di altar suci alamamater sourbonne, ingin menjelajah Eropa sampai Afrika. Tapi berkat arai " sang seniman kehidupan sehari - hari " yang selalu berkata " qta tak akan pernah mendahului nasib " dan karena pelajaran yang ia dapat dari mentalitas capo Lam Nyet Pho " possibility " suatu pelajaran yang mengajarkan mentalitas merealisasikan ide menjadi tindakan nyata, positif dan percaya pada semua kemungkinan. Smua rasa pesimistis itu hilang dan berganti menjadi rasa optimistis, yang akhirnya seperti qta ketahui sekarang semua yang sebelumnya hanya mimpi bagi ikal telah menjadi kenyataan.




Tiga kisah nyata di atas menceritakan tentang kekuatan imajinasi. Kita mewujudkan apa yang kita lihat dalam pikiran kita.Imajinasi adalah energi. Energi yang kalau diolah terus-menerus akan mewujud dalam apa yang kita imajinasikan itu.
Semakin kuat gambaran mental yang kita miliki, semakin besar energi yang kita miliki untuk mewujudkannya. Sebaliknya, jika kita terlalu banyak membayangkan yang buruk dan negatif, kita menarik energi negatif dan kita semakin ter-demotivasi untuk meraihnya.Dengan demikian, jangan sia-siakan kekuatan imajinasi dalam diri kita. Imajinasi mampu menjadi kendaraan kita menuju apa saja yang kita mimpi dan cita-citakan.
Imajinasi akan mengumpulkan seluruh energi kita untuk mewujudkannya. Dalam aplikasi sehari-hari, dengan imajinasi, kita membayangkan hal-hal positif yang akan kita lakukan dan membayangkan hal-hal positif yang akan terjadi. Betapa kita akan melihat langkah dan tindakan kita mulai mengarah pada apa yang kita bayangkan. Let's make the dreams will come true!



Manusia memiliki mimpi ada yang mengejar dan mewujudkannya, ada yang mundur dan membuangnya dan ada pula yang diam dan menyimpan sepanjang hidupnya sisa hidupnya " [ cinta pertama (sunny) movie ]




ask to our self, which one of us??

0 komentar:

Posting Komentar